Penyebab Mesin Pengering Tidak Panas

Usaha laundry tidak terlepas dari penggunaan mesin dryer atau mesin pengering. Bagaimana jika mesin pengering mengalami kendala tidak panas? Bagamana cara mengatasinya? Untuk mengatasi kendala mesin dryer tidak panas sebelumnya harus diketahui penyebabnya.

Berikut ini saya uraikan penyebab mesin dryer IPSO, Speed Queen, Huebsch, Unimac, Maytag dan Whirlpool tidak bisa panas.

Voltase/Tegangan Listrik

Tegangan kerja untuk mesin dryer IPSO, Speed Queen, Huebsch, Unimac, Maytag dan Whirlpool adalah 220V-240V. Apabila tegangan listrik kurang dari 220V atau lebih dari 240V maka mesin dryer tidak bisa panas dan tidak dapat berfungsi dengan normal. Maka dari itu sangat dianjurkan menggunakan stabilizer listrik atau stavolt dengan kapasitas daya minimal 1500VA untuk setiap unit mesin dryer.

Regulator Gas

Mesin pengering yang menggunakan gas sebagai sumber energi panas menggunakan regulator gas untuk mengalirkan gas dari tabung gas ke mesin pengering. Jenis regulator yang digunakan untuk mesin pengering IPSO, Speed Queen, Huebsch, Unimac, Maytag dan Whirlpool adalah regulator low pressure (regulator bertekanan rendah). Tidak boleh menggunakan regulator high pressure (regulator bertekanan tinggi).
Di regulator gas terdapat gotri atau sering disebut pelor sebagai pengaman. Beberapa kasus mesin dryer tidak panas disebabkan gotri/pelor tersebut menutup aliran gas regulator.

Pengaturan tombol-tombol mesin

Pastikan pengaturan tombol temperatur dan tombol timer diatur pada posisi yang benar sesuai jenis bahan yang akan dikeringkan di mesin pengering.
Untuk lebih jelasnya bisa dibaca pada tutorial yang pernah saya buat: Cara Pengoperasian Mesin Pengering.

Lint filter/saringan mesin pengering

Lint filter harus dibersihkan setiap satu kali proses pengeringan. Apabila tidak dibersihkan maka mesin pengering tidak akan panas dengan maximal dan pakaian tidak akan kering.

Cerobong pembuangan hawa panas

Cerobong pembuangan yang tersumbat akan mengakibatkan mesin tidak panas atau kurang panas.

Komponen-komponen bagian pemanas

Komponen bagian pemanas untuk mesin pengering gas IPSO, Speed Queen, Huebsch, Unimac, Maytag dan Whirlpool diantaranya: Igniter, flame sensor, gas valve, thermostat dan lain-lain. Pastikan kondisi komponen-komponen tersebut berfungsi baik. Untuk mengecek komponen-komponen tersebut diperlukan keahlian khusus mengenai mesin pengering.

Demikian uraian mengenai penyebab mesin pengering tidak panas, semoga dapat bermanfaat. Jika mengalami kesulitan mengatasi masalah tersebut bisa konsultasikan kepada kami melalui chat whatsapp kami.