Mengatasi Air Mesin Cuci Tidak Bisa Masuk

Mengatasi air tidak bisa masuk ke mesin cuci untuk proses pencucian bukanlah sesuatu yang sulit. Karena kendala tersebut tidak semuanya disebabkan oleh kerusakan pada mesin, bisa jadi disebabkan oleh faktor-faktor diluar mesin seperti tekanan air kurang, filter air kotor, kerusakan pada pompa pendorong dll.

Hal-hal yang perlu diperhatikan jika terjadi air tidak bisa masuk ke mesin cuci:

Tekanan air
Tekanan air yang dibutuhkan mesin cuci berbeda-beda tergantung merk dan type mesin itu sendiri.
Untuk mesin-mesin cuci komersial seperti IPSO, Speed Queen, Huebsch, Maytag dan Whirlpool range tekanan air yang dibutuhkan adalah antara 2-5 bar. Jadi sangat disarankan untuk menggunakan pompa pendorong otomatis agar tekanan air tersebut dapat terpenuhi (2-5 bar).
Filter/saringan air
Setiap mesin cuci dilengkapi filter air di bagian selang inlet air. Untuk mesin cuci komersial kapasitas 10,5 kg sepeti IPSO, Speed Queen, Huebsch, Maytag dan Whirlpool, memiliki dua selang inlet air (Hot dan Cold). Masing-masing selang tersebut terdapat filter/saringan dan harus di bersihkan secara rutin maximal 1 bulan sekali, karena jika tidak dibersihkan lama kelamaan akan menyumbat saluran air tersebut.
Solenoid valve dan pressure switch
Untuk mengecek solenoid valve dan pressure switch diperlukan kemampuan teknik mengenai mesin. Jika anda cukup memiliki kemampuan tersebut anda bisa mengeceknya dengan mumbuka cover body mesin dan mengecek kondisi part tersebut. Jika part tersebut telah rusak maka dapat dipastikan air tidak akan bisa masuk ke mesin cuci.

Demikian informasi singkat mengenai mengatasi air tidak bisa masuk ke mesin cuci. Jika anda mengalami kesulitan dan membutuhkan jasa service mesin cuci IPSO, Speed Queen dan Huebsch bisa menghubungi kami.