Penyebab Mesin Pengering Bunyi Berisik

Salah satu kendala yang cukup sering terjadi pada mesin pengering yaitu mesin pengering/dryer bunyi berisik atau timbul suara berisik yang cukup mengganggu. Para pengusaha laundry pasti sudah pernah mengalami kendala mesin bunyi berisik tersebut. Hal ini wajar terjadi apalagi umur mesin pengering tersebut telah cukup lama.
Ada beberapa faktor penyebab timbulnya suara berisik pada mesin pengering, berikut uraian penyebab mesin pengering timbul suara berisik khususnya untuk mesin pengering/dryer IPSO, Speed Queen, Huebsch, Unimac, Primus, Maytag dan Whirlpool:

1. Posisi mesin tidak rata
Posisi mesin tidak rata miring menyebabkan beban mesin tidak seimbang sehingga dapat menyebabkan mesin timbul suara berisik. Apabila lantai memang miring, setel ketinggian kaki-kaki mesin supaya posisinya rata.

2. Ada benda tersangkut di mesin
Ini cukup sering terjadi dikarenakan pakaian yang dimasukan ke mesin pengering tidak diperiksa terlebih dahulu. Contoh benda yang sering tersangkut di mesin adalah uang koin, peniti, jarum pentul, kancing yanglepas dari pakaian dll. Sebaiknya selalu periksa pakaian sebelum dimasukan ke mesin.

3. Ada sparepart yang sudah aus
Hal ini biasanya terjadi pada mesin dengan pemakaian 3 tahun keatas dengan maintenance mesin yang rutin. Namun jika jarang melakukan maintenance hal ini bisa saja terjadi pada mesin dengan pemakaian dibawah 3 tahun. Sparepart mesin dryer yang biasanya aus dan menyebabkan mesin dryer bunyi berisik diantaranya: roller, shaft, idler pulley, glide atau assy seal. Jika ada salah satu dari sparepart tersebut yang sudah aus, maka harus dilakukan penggantian sparepart tersebut.

Demikian uraian mengenai kendala mesin dryer/pengering bunyi berisik, semoga dapat bermanfaat.
Jika anda memiliki kendala dapat anda konsultasikan kepada kami via chat whatsapp.
Kami juga menerima jasa service mesin dryer khusus merk IPSO, Speed Queen, Huebsch, Unimac, Maytag, Primus dan Whirlpool.